Manfaat Ikan Jelawat Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Jelawat Untuk Kesehatan
=====================================






Ikan Jelawat adalah jenis ikan sungai dan danau yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel ditemukan di Semenanjung Malaya. Sebagai sebuah ikan khas melayu, Jelawat mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat. Sampai-sampai di Sampit, Kalimatan Tengah, di sana ada objek wisata Patung Ikan Jelawat yang ramai dikunjungi karena keunikannya.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti bercorak sisik renggang. Menjadikan penampakannya seperti ular saja. Rasanya terkenal sangat lezat dan gurih. Dengan daging tebal dan cocok untuk dihidangkan menjadi gulai, supaya bumbunya meresap. Namun begitu, anda patut waspada, sebab bila mengonsumsi Jelawat berlebihan bisa menyebabkan pusing. Berikut sudah kami sajikan data tentang manfaat ikan Jelawat agar anda semakin bijak dalam memakannya:




1. Ikan Jelawat Kaya Akan Flour

Anak-anak yang cukup mendapat fluor di dalam makanannya giginya lebih sehat. Hal ini bisa dilihat dari anak yang hidup di pantai insiden sakit gigi jarang ditemui. Maka dari itu kita perlu tahu khasiat Jelawat. Karena flour ini dapat memperkuat gigi.
2. Mengontrol Berat Badan

Bagi anda yang sangat memperhatikan penampilan dan selalu ingin tampil perfect, ikan Jelawat dapat membatu, karena kandungan lemak tergolong rendah dan mudah di cerna. Manfaat dari jelawat ini dapat mengontrol berat badan anda supaya tidak kegendutan. Tentu saja ini akan membuat anda merasa bahagia, tidak perlu repot-repot menghindari berbagai macam makanan, terutama ikan.
3. Manfaat Ikan Jelawat Mengandung Fosfor

Kandungan fosfor yang terdapat pada ikan Jelawat berfungsi dalam meningkatkan kinerja proses pencernaan makanan dan membantu mengontrol proses pembuangan sisa metabolisme serta zat–zat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Untuk itu, cobalah khasiat ikan ini. Fosfor juga berfungsi untuk menguatkan tulang dan gigi supaya tidak mudah rapuh.
4. Kadar Protein Tinggi

Protein merupakan salah satu kelompok kandungan bahan makronutrien yang berperan dalam pembentukan biomolekul. Jelawat pada umumnya memiliki kadar protein yang cukup tinggi antara 8-25% dan tersusun atas sejumlah asam amino. Protein tinggi ini akan berperan dalam menambah massa otot anda agar tidak lembek dan selalu tampil macho. Cocok untuk anda yang suka dengan body building.
5. Mengandung Vitamin B1

Tubuh mausia senantiasa membutuhkan asupan nutrisi agar tubuh kelihatan bugar. Ikan Jelawat juga mengandung asupan yaitu vitamin B1 yang bermanfaat dalam menjaga tonus otot yang ada di sepanjang dinding saluran pencernaan, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan stress. Vitamin B1 juga berperan untuk menghilangkan rasa pusing dan letih karena kelalahan bekerja.
6. Manfaat Ikan Jelawat Meningkatkan Stamina

Stamina merupakan energi yang dibutuhkan tubuh supaya bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Biasanya orang meminum supelmen yang biasa dijual di toko ataupun supermarket yang katanya agar kuat dan bergairah. Maka dari itu cobalah khasiat Jelawat.
7. Sebagai Komoditas Ekspor

Ikan Jelawat biasanya dieksport dalam bentuk fillet (dagingnya saja). Jenis ikan ini diminati dan mempunyai nilai jual yang tinggi, selain itu juga mempunyai pasar eksport. Umumnya dijual segar atau dalam bentuk masakan (biasanya digoreng atau dimasak bumbu tauco). Menjadikan ikan sebagai komoditas ekspor tentu akan membuat tingkat ekonomi anda meningkat. Sehingga amat baik untuk melatih kecerdasan mental anda.
8. Ikan Jelawat Dapat dijadikan Pepes

Untuk meningkatkan selera makan ikan Jelawat dapat diolah menjadi pepes, karena ikan ini biasanya di goreng untuk itu harus pandai mencari alternatif dalam mengolah masakan agar orang lain menyukai apa yang kita buat.
9. Mengandung Yodium

Yodium sangat penting untuk mencegah penyakit gondok. Kekurangan yodium yang dialami ibu sejak mengandung akan mengakibatkan bayi yang lahir kretin, dan juga bisa terjadi mental retarded atau IQ-nya rendah. Untuk itu cobalah mengonsumsi Jelawat.
10. Mengurangi Sakit Radang Paru-paru

Radang paru-paru adalah terjadinya peradangan dan terisi cairan pada pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer. Penyakit ini biasanya disebabkan karena berlebihan minum alkohol. Untuk itu Jelawat berkhasiat dapat jadi solusinya.

Komentar